APA ITU RESESI EKONOMI DAN APA SAJA YANG BISA KITA SIAPKAN UNTUK MENGHADAPI RESESI EKONOMI

 Jadi beberapa waktu lalu menteri ekonomi kita bersama yakni ibu Sri Mulyani Indrawati alias bendahara neegara alias ibu menteri keuangan kita mengumumkan bahwasanya dapatdi pastikan bahwa Indonesia akan bener bener masuk jurang resesi di tahun ini, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah si Corona virus yang gak habis-habis.


Jadi Pandemi yang berkepanjangan dan terus merebak ini bener bener berdampak besar gak hanya dalam sisi kesehatan tapi juga di sisi ekonomi. Bayangin aja, pada tiga bulan pertama dan kedua pertumbuhan ekonomi di Indonesia menyentuh angka minus yang berarti bahwa perekonomian Indonesia bukan lagi jalan di tempat tapi bener bener mengalami kemunduran. Selain itu banyak pelaku usaha yang terpaksa harus bangkrut dan terpaksa mem PHK karyawannya karena gak mampu lagi untuk membayar gaji pekerja dan melakukan kegiatan produksinya.

Berbagai cara dilakukan pihak pemerintah agar supaya perekonomian Indonesia mampu bertahan di tengah pandemi agar terhindar dari resesi namun juga tanpa mengorbankan sisi kesehatan karena kesehatan adalah hal terpenting dimasa sekarang. Namun apa mau dikata, perekonomian Indonesia juga sedikit demi sedikit mulai terseok-seok dan beberapa waktu lalu menteri ekonomi Sri Mulyani mengumumkan bahwa Indonesia dipastikan akan benar-benar akan masuk jurang resesi pada bulan depan.

Well kalian tau gak sih apa itu resesi? Aku pribadi bisa bilang kalau resesi ini ibaratkan momok bagi jalannya perekonomian suatu negara lho..

Nah jadi resesi itu bisa dibilang sebagai suatu bentuk penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan, berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Resesi ini bisa ditandai dengan menurunnya daya beli masyarakat, meningkatnya kemiskinan, meningkatnya pengangguran dll. 

Dari beberapa pemaparan tentang resesi ekonomi diatas, dapat dibayangkan kan seberapa perlunya kita menghindari keadaan ini?


Lantas sebagai warga negara apa sih sebenarnya yang bisa kita lakukan kalau seandainya Indonesia bener-bener masuk ke jurang resesi ini...

Nah disini aku membagikan beberapa langkah antisipasi yang bisa kita lakukan jika seandainya negara mengalami resesi ekonomi diantaranya:

  • Cobalah untuk mengesampingkan kebutuhan yang kurang mendesak.

Ketika perekonomian suatu negara mengalami resesi, maka kondisi terburuknya adalah menurunnya daya beli dan kenaikan harga barang. Dalam keadaan ini, managing keuangan kita benar-benar diuji, cobalah untuk semakin bijak dalam mengeluarkan plot anggaran keuangan pribadi kita hanya untuk barang-barang yang sifatnya sangat urgent. Misalnya BBM, tagihan listrik, makanan sehari-hari dan lain-lain.

  • Carilah sumber pendapatan alternatif.

Ketika mengalami resesi ekonomi salah satu efek yang terjadi adalah kita mengalami penurunan pendapatan, secara tidak langsung kita tetap akan membutuhkan sumber pendapatan demi memenuhi kebutuhan akan konsumsi sehari-hari. Dalam hal ini, sumber pendapatan alternatif akan sangat membantu.

  • Siapkan dana darurat.

Nah guys,dalam kondisi perekonomian sedang sulit keberadaan akan dana darurat sangat penting, berapapun jumlah uang yang Anda miliki. Tentu kita gak berharap akan kehilangan pekerjaan atau mengalami kondisi darurat lainnya, namun kita tetap harus mempersiapkannya.

Ketika situasi ekonomi sedang sulit, kemungkinan besar akan terjadi pemotongan jumlah karyawan di perusahaan. Begitu pula dengan kita yang menjalankan bisnis sendiri. Kamu bisa mengalami kebangkrutan atau kemerosotan pendapatan yang tajam.

  • Cobalah untu mencari peluang investasi lainnya
Pandemi virus Corona yang telah melanda dunia saat ini ini ini menyebabkan perekonomian setiap negara mengalami kemerosotan hingga masuk ke jurang resesi. Parahnya lagi, tidak ada yang tahu persis kapan pandemi ini akan berakhir sehingga perekonomian pun akan membaik. Dalam hal ini kita sebagai warga negara perlu menyiapkan langkah investasi. Investasi sangat diperlukan terlebih apabila pandemi dan resesi ekonomi ini terjadi berkepanjangan. 


Well itulah beberapa tips yang bisa aku bagikan kan guna mempersiapkan diri kita masing-masing untuk menghadapi resesi ekonomi di tahun 2020 ini dan semoga pandemi ini segera berakhir sehingga perekonomian akan dapat berjalan seperti  normal kembali.

Comments

Popular posts from this blog

DERANA

Maharnya Perempuan Berpendidikan

Quarter Life Crisis