self concept

KONSEP DIRI


Who I Am? gimana cara menjawab pertanyaan yang kamu tanyakan pada dirimu sendiri?
jawabannya ada di Self Concept. Jadi self concept itu apa sih? ok kali ini kita akan bahas mengenai self concept.


Self Concept atau biasa disebut dengan konsep diri, adalah sebuah pengetahuan tentang diri, yang memengaruhi cara seseorang mengolah informasi, dan mengambil tindakan (Vaughan & Hogg 2002). Jadi  konsep diri sendiri adalah sebuah pengetahuan yang kita miliki tentang diri kita sendiri, dimana pengetahuan itu kemudian membantu kita untuk mengolah informasi yang kita dapat dari luar diri kita sendiri dan hasil dari pengolahan tersebut kemudian akan menjadi sebuah tindakan yang kita pilih dan kita anggap benar. Terus pengetahuan itu datangnya dari mana? konsep diri itu sendiri datang dari lingkungan. Baik itu orangtua, keluarga, kakak, adik, teman, tetangga, nilai-nilai dan juga pengalaman pribadi. 

Nah misalnya nih orangtua kamu ngelakuin perbandingan antara kamu dengan kakak kamu sendiri, orangtua kamu sering bilang gini misalnya "kamu itu malas, gak kayak kakak kamu rajin", atau tetangga kamu "kamu kok beda ya sama kakak kamu, dia pinter loh" dan sebagainya. Kemudian hal ini masuk kedalam otak kamu dan kamu menyetujuinya yang akhirnya membuat pernyataan-pernyataan itu benar bahwa kamu malas dan tidak rajin seperti yang lainnya. Hal ini bisa menghambat kamu dalam melakukan banyak hal, karena ada stereotype yang udah disetujui sama kamu bahwa kakak kamu memang lebih pintar dan lebih rajin daripada kamu. Jadi kamu sendiri juga bakal ngerasa gini "yaudah lah emang aku gak bisa kayak dia" atau "iya kan emang terlahir pintar, beda sama aku" dan lainnya. Nah ini yang jadi konsep diri kamu bahwa kamu adalah orang yang malas dan bodoh.

Padahal ni dalam buku "7 Habits" dari Stephen Covey ada yang namanya Proaktif, dimana biasanya manusia itu menerima stimulus yang diberikan kepada dirinya. Contohnya kayak yang tadi, ketika orang lain bilang A ke kamu pasti hasilnya adalah tindakan A dari kamu, orangtua kamu bilang kamu malas yaa tindakan kamu juga akan menjadi malas. Padahal menurut Proaktif ini setiap manusia itu memiliki kemampuan untuk memilih apa yang menjadi pilihannya. Kalau saya bilang tu gini "Kita gak boleh kehilangan diri kita" Tindakan kita yaa harus dari hasil pemikiran dan persetujuan kita. Jangan sampe orang lain ambil alih apa yang seharusnya menjadi tugas kita. Nah Proaktif ini memberitahu kita bahwa sebenernya manusia punya kemampuan untuk memilih apapun, Jadi kalau misalnya orang lain bilang A kita bisa aja ngelakuin B,C,D bahkan yang lainnya. 

Konsep diri menurut Higgens (1987) ada 3, yaitu:
1. Actual Self  yaitu bagaimana diri kita saat ini. Misalnya "saya adalah orang yang malas"
2. Ideal Self  yaitu bagaimana diri yang kita inginkan. Misalnya "saya ingin menjadi insinyur"
3. Ought Self yaitu bagaimana diri kita seharusnya. Ketika kita tau kita adalah orang yang malas dan kita juga tau keinginan kita dikemudian hari maka yang harus dilakukan adalah melakukan sesuatu yang tujuannya adalah mendekatkan kita dengan harapan yang kita inginkan. Misalnya actual self kita adalah orang yang pemalas tapi yang kita inginkan atau ideal self nya adalah menjadi seorang insinyur maka Ought Self nya adalah mulai membaca buku dan rajin kepustaka serta berdiskusi dengan banyak orang. Dan yang perlu kita ingat bahwa kita punya yang namanya pilihan terhadap diri kita sendiri atau disebut dengan proaktif tadi. Gimana cara kita dapatin ideal self  yaitu dengan mengembangkan proaktif kita dalam actual self sehingga ought self nya sesuai dengan ideal self yang diharapkan.

Nah yang kita tau saat ini adalah banyak sekali stereotype buruk yang diberikan lingkungan kepada kita kemudian membentuk konsep diri kita menjadi buruk (-), sehingga kita banyak sekali melakukan tindakan yang membatasi diri kita sendiri dan akhirnya tidak bisa memaksimalkan suatu tindakan. karena udah ngerasa hal yang dikatakan orang lain tu memang benar karena dilakukan terus-menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama.
Simpelnya orang bilang jangan mau dengerin apa kata orang. Nah menurut teorinya ada di Self Concept ini. Jadi jawaban dari Who I Am? juga ada pada self concept ini. Kamu bisa tau siapa kamu kalau kamu percaya yang namanya Proaktif gak cuma telan mentah-mentah apa yang lingkungan kamu bilang tentang diri kamu. Kamu itu apa? kamu itu siapa? kamu maunya apa? gimana cara kamu dapatin apa yang kamu mau? itu semua ada di Self Concept. Makanya Self Concept ini tu penting banget buat kamu yang lagi bingung mau masuk PTN, yang bingung kok kayaknya kamu gak ada hebat-hebatnya kayak orang lain, yang gak tau arahnya mau kemana dan gimana caranya atau hal lainnya yang mengganggu pikiran kamu.

Oke sekian aja dulu pembahasannya, minggu depan kita bakal bahas hal lainnya yang gak kalah seru sama pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. See you next time. :)

Comments

Popular posts from this blog

Yakin mau Boikot Produk Prancis?

Cara Mengkhatamkan Al-Qur'an Tanpa Khawatir Datang Bulan dan Hambatan lainnya

Macam-macam alat penahan Menstruasi pada wanita